[Catatan Hacking] Efek Vintage Film KDEnLive

7/03/2014




Untuk membuat efek Vintage Film atau Old Film versi Saya, disini Saya menggunakan Software Free Open Source Software (FOSS) KDEnLive. Saya menggunakan beberapa efek utama untuk membuat ini, yaitu :
  1. Dust
  2. Oldfilm
  3. Scratchlines
  4. Vignette Effect
  5. Grain
  6. Color Effect
Pengaturan dari masing-masing efek di atas bisa menyesuaikan dengan selera masing-masing, disini Saya hanya mencontohkan versi Saya sendiri.

Berikut Video Tutorial efek Vintage Film versi Saya.




Anda bisa juga menambahkan beberapa Stock Video dan Audio seperti beberapa pilihan referensi berikut :

Untuk efek yang lebih real Old Film

Untuk efek suara tambahan seperti proyektor tua

Untuk mengunduh video-video tersebut bisa menggunakan Youtube-dl, untuk cara penggunaannya simak pada http://mashudicastol.blogspot.com/2014/01/cara-download-video-dari-youtube.html

Link unduh beberapa Stok audio Silent Film yang sangat cocok mendukung efek ini incompetech.com/music/royalty-free/index.html?collection=031

Semua Stock di atas berlisensi Creative Commons, jadi bebas untuk digunakan kembali.

Hasil Jadi dari pembahasan efek Vontage Film menggunakan KDEnLive (maaf Saya menggunakan video screencaster, dikarenakan stok video Saya terhapus beberapa hari yang lalu)



Seperti yang Saya sampaikan sebelumnya, silahkan menggunakan pengaturan sesuai selera masing-masing untuk mendapat hasil maksimal.

Terima Kasih, telah membaca catatan sederhana ini.


Referensi utama catatan ini : http://www.youtube.com/watch?v=AaShxiMKlao

No comments:

Post a Comment