Cara Pasang SKIN VLC Media Player di Linux

3/05/2014
VLC merupakan aplikasi multimedia yang mampu memutar hampir semua format file audio video. Dan tentunya VLC ini MultiPlatform. Untuk link unduh VLC bisa didapatkan di situs resminya http://www.videolan.org/ dengan Gratis tentunya.

Kali ini kita tidak membahas tentang Cara Installasi VLC di Sistem Operasi kita :) . Namun kita akan membahas tentang SKIN VLC. Ya, Kita akan membahas tentang cara memasang Skin (tema) untuk VLC Media Player di Sistem Operasi Linux (berlaku untuk semua Varian Distro Linux).

Untuk mendapatkan Skin yang diinginkan kita bisa unduh di http://www.videolan.org/vlc/skins.php atau bisa Search di deviantart.com untuk Skin yang lebih keren. Kali ini Saya menggunakan Skin dari deviantart.com yang bernama MinimalX. Skinnya bisa diunduh disalah  satu link berikut ini :

http://maverick07x.deviantart.com/art/VLC-MinimalX-385698882 (Official Link)

http://ubuntuone.com/1KvpeiZOGJKxk56o0uKC7O (Mirror)


Tampilan Skin MinimalX

Setelah Anda unduh, ekstrak seperti biasa, dan copy hasil ekstrak tersebut ke folder /home/username_anda/.local/share/vlc/skins2 Biasanya folder skins2 belum ada secara default, jadi Anda bisa buat sendiri folder tersebut.

Jika sudah kita mulai cara mensettingnya.


Ini Tampilan Default dari VLC Media Player.

Pertama kita ke menu Tools > Preferences atau menggunakan Shortcut ctrl + P . Setelah itu kita ke Tab Interface dan Pilih Use custom skin (lihat gambar).

Ini Tampilan Interface Setting

Pada bagian Skin resource file arahkan ke foder /home/username_anda/.local/share/vlc/skins2/Nama_Skin_VLC.vlt atau bisa lebih mudah dengan mengklik tombol Browse. Setelah itu klik Save dan Restart VLC Media Player Anda.

Jika Sudah Tampilan akan berubah seperti ini.






Sekian dan Selamat Mencoba.

Referensi : http://www.videolan.org/vlc/skins.php

No comments:

Post a Comment